Kamis, 21 Januari 2010

PELAYANAN DAN PERLENGKAPAN PERPUSTAKAAN


BAB I
PENDAHULUAN

Perpustakaan merupakan salah satu sarana pembelajaran yang dapat menjadi sebuah kekuatan untuk mencerdaskan bangsa. Perpustakaan mempunyai peranan penting sebagai jembatan menuju penguasaan ilmu pengetahuan yang sekaligus menjadi tempat rekreasi yang menyenangkan dan menyegarkan.
Perpustakaan memberi kontribusi penting bagi terbukanya informasi tentang ilmu pengetahuan. Sedangkan perpustakaan merupakan jantung bagi kehidupan aktifitas akademik, karena dengan adanya perpustakaan dapat diperoleh data atau informasi yang dapat digunakan sebagai dasar pengembangan ilmu pengetahuan.
Untuk memperbaiki kondisi tersebut, perpustakaan harus menjadi sarana aktif/interaktif dan menjadi tempat dihasilkannya berbagai hal baru.
Oleh karena itu pada makalah ini kami bahas tentang salah satu bagian dari manajemen perpustakaan, yaitu tentang pelayanan, perlengkapan dan sumber daya manusia petugas. Yang meliputi : sirkulasi, referensi, tata tertib, peralatan, perlengkapan, keriteria petugas, da kiat menarik pengunjung.
Semoga dengan pembahasan ini dapat memberikan kontribusi dan pemahaman mahasiswa tentang pengelolaan perpustakaan.





BAB II
PELAYANAN DAN PERLENGKAPAN PERPUSTAKAAN

A.Pelayanan
Perkembangan perpustakaan dilihat dari kepentingan pengguna dirasakan belum menggembirakan. Masih banyak “tuntutan” pengguna yang belum dapat dipenuhi oleh perpustakaan.
Untuk itu perlu kiranya dipikirkan sebuah sinergitas yang mengakomodasi kedua kepentingan tersebut sehingga terjadi keseimbangan dalam pemenuhan kebutuhan tersebut. Perpustakaan, Universitas dan Pengguna perlu berjalan bersama untuk memikirkan sebuah perpustakaan yang sesuai dengan kebutuhan mereka dan dapat memberikan pelayanan yang terbaik.
Bidang layanan perpustakaan ini dapat dilihat dari beberapa hal seperti:
a. Layanan Sirkulasi
Penerapan dalam bidang layanan sirkulasi dapat meliputi banyak hal diantaranya adalah layanan peminjaman dan pengembalian, statistik pengguna, administrasi keanggotaan, dll. Selain itu dapat juga dilakukan silang layan antar perpustakaan yang lebih mudah dilakukan apabila teknologi informasi sudah menjadi bagian dari layanan sirkulasi ini.
b. Layanan Referensi
Penerapan dalam layanan referensi dan hasil-hasil penelitian dapat dilihat dari tersedianya akses untuk menelusuri sumber-sumber referensi bahan pustaka yang ada.



c. Layanan Tata tertib

Mahasiswa yang akan meminjam koleksi perpustakaan wajib mentaati tata tertib sebagai berikut :

a). Menunjukan kartu anggota perpustakaan yang masih berla

ku.

b). Bertanggung jawab atas bahan bacaan yang di pinjam dan tidak di

perkenankan mengembalikan buku melalui orang lain.


c). Jangka waktu peminjaman bahan pustaka untuk di bawa pulang ke

rumah : mahasiswa, dosen, serta karyawan maksimal 1 ( satu ) ming-

gu apabila terlambat dikenakan sangsi/ denda Rp. 500.- ( lima ratus

rupiah ) satu hari satu buku.

e). Wajib meninggalkan identitas diri ( kartu tanda mahasiswa, kartu

forum, DPP ( pembayaran uang perkuliahan ) yang masih berlaku

pada petugas bagian peminjaman .

f). Buku pinjaman dapat di perpanjang kembali bila tidak ada yang me-

merlukannya, untuk memperpanjang jangka waktu peminjaman

buku tersebut, harus di bawa kebagian peminjaman guna untuk di

berikan tanggal kembali yang baru. Lamanya perpanjangan buku 2

( dua ) kali 1 ( satu ) minggu bagi mahasiswa.




B. Perlengkapan
Perabot perpustakaan adalah sarana pendukung atau perlengkapan
perpustakaan yang digunakan dalam proses pelayanan pemakai perpustakaan dan merupakan kelengkapan yang harus ada untuk terselenggaranya perpustakaan.
Yang termasuk dalam perabot/perlengkapan perpustakaan antara lain : Rak buku, Rak majalah, Rak surat kabar, Rak atlas dan kamus, Papan peraga / pameran, Laci penitipan tas, Lemari catalog, Lemari multi media, Lemari Arsip, Meja dan kursi sirkulasi, Meja dan kursi baca, Meja dan kursi pegawai, Kereta buku, barang, dan Tangga beroda.
Sedangkan peralatan perpustakaan adalah barang-barang yang diperlukan secara
langsung dalam mengerjakan tugas/kegiatan di perpustakaan. Yang termasuk
dalam perlengkapan perpustakaan antara lain :buku pedoman perpustakaan,Buku klasifikasi, Kartu catalog, Buku Induk, Kantong buku, Lembar tanggal kembali, Label, Cap inventaris, Cap perpustakaan, Bak stempel, Kartu pemesanan, Mesin ketik/Komputer, ATK, Selotip,dan Lem dll.















BAB III
SUMBER DAYA MANUSIA

A. Keriteria Patugas
Sumber daya manusia perpustakaan terdiri dari pustakawan, tanaga fungsional lain dan tenaga administrasi berfungsi untuk menggerakkan aktivitas perpustakaan. Kualitas mereka perlu ditingkatkan terus menerus agar mampu mengoptimalkan kinerja dan menggerakkan sumber daya lainnya.
Perlunya peningkatan kualitas karena adanya realitas di lapangan bahwa mereka itu kurang motivasi, rendah kinerja, kurang berani tampil, mandul pemikiran dan bekerja statis. Hal-hal seperti inilah yang kurang mampu mendorong perkembangan perpustakaan dan profesi pustakawan di negeri ini.
Peningkatan sumber daya manusia tidak harus dengan biaya mahal. Maka upaya peningkatan ini dapat dilaksanakan melalui pendidikan formal, informal dan nonformal.
Pada umumnya, karyawan – karyawan yang beretos kerja terbaik itu akan berperilaku atau pun berciri-ciri seperti.
1. Mereka akan bekerja untuk membangun reputasi dan kredibilitas dirinya, agar dirinya dihargai perusahaan. Mereka sadar bahwa prestasi dan karir kerja mereka hanya akan berjalan baik, bila mereka mampu berdedikasi total kepada pekerjaan mereka.
2. Mereka sangat loyal kepada pimpinan dan perpustakaan. Mereka juga tidak pernah hitung-hitungan jam kerja. Apa pun kejadiannya, mereka akan mengutamakan tanggung jawab pekerjaannya secara maksimal.
3. Mereka bergabung ke perpustakaan dengan membawa misi dan visi pribadi mereka. Yang pasti, mereka akan menggunakan perpustakaan sebagai kendaraan untuk memperbaiki kualitas hidup mereka, baik itu dari sisi finansial, maupun dari sisi status sosial mereka.
4. Mereka selalu fokus dan memiliki Komitmen tinggi untuk menjalankan semua rencana kerja perpustakaan secara total dan berkualitas. Mereka akan mendedikasikan dirinya untuk bekerja keras mengejar target-target yang diberikan perpustakaan
5. Demi untuk keberhasilan perpustakaan, mereka selalu bekerja dengan cara melakukan kolaborasi, koordinasi, komunikasi dengan atasan dan bawahan mereka.
B. Promosi Perpustakaan
Promosi perpustakaan adalah aktivitas memperkenalkan perpustakaan dari segi fasilitas, koleksi jenis layanan, dan manfaat yang dapat diperoleh oleh setiap pemakai perpustakaan secara lebih terperinci, tujuan promosi perpustakaan adalah :
1. memperkenalkan fungsi perpustakaan kepada masyarakat pemakai mendorong minat baca dan mendorong masyarakat agar menggunakan koleksi perpustakaan semaksimalnya dan menambah jumlah orang yang membaca
2. memperkenalkan pelayanan dan jasa perpustakaan kepada masyarakat.
Metode memamerkan jasa perpustakaan dapat berupa nama dan logo, poster dan panflet, pameran, media dan video, ceramah, dan iklan
Sarana promosi bentuk tercetak yang dapat dilakukan untuk sarana promosi perpustakaan, antara lain adalah sebagai berikut : brosur , poster, map khusus perpustakaan, pembatas buku
Hal lain yang harus diketahu untuk mempromosikan perpustakaan adalah unsur-unsur promosi seperti di bawah ini :
- attention/perhatian - action/tindakan
- interest/ketertariakan - satisfy/kepusan
- desire/keinginan
C. Kiat Menarik Pengunjung
Salah satu cara yang efektif untuk menembus pembatas dan penghalang komunikasi antara perpustakaan dan penggunanya adalah dengan jalan mengadakan kegiatan perpustakaan yang melibatakan staf perpustakaan dan pengguna. Beberapa macam kegiatan yang dapat dilakukan untuk promosi antara lain dengan peningkatan diri para petugas perpustakaan yaitu dengan berusaha tampil penuh percaya diri, berpandangan positif, dan berpakaian dengan sopan dan rapi.
Pendekan pada guru dilakukan dengan cara proaktif, membuat daftar buku yang ada di perpustakaan berkenaan dengan tiap mata pelajaran dan diberikan kepada masing-masing guru sesuai dengan mata pelajarannya, meminta daftar buku yang diperlukan guru-guru dalam menunjang pengajaran mereka
Pendekatan dengan pihak pemimpin dengan cara membuat perencanaan jangka pendek (1 tahun) yang berkualitas dengan argumentasi yang kuat dan diajukan kepada kepala sekolah, membuat laporan pembangunan perpustakaan secara periodik (perkuartal, persemeter, atau pertahun, mengajukan kepada kepala sekolah agar mewajibkan anak didik mengikuti kelas perpustakaan satu jam pelajaran dalam satu minggu
Selain itu petugas juga memberikan pelayanan yang baik agar kepuasan pengguna tercapai yaitu dengan memelihara penantaan buku yang rapi agar buku mudah didapat, membiasakan diri agar biasa berdisiplin dengan waktu, melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab.
Kegiatan penunjang perpustakaan yang lain adalah membuat poster, membuat pamflet, mengadakan pameran buku



DAFTAR PUSTAKA

 Moedzakir, Pemeliharaan Buku dan Menjilid, Yogyakarta : Pusdiklat Perpustakaan IKIP, 1980.
 Basuki, Sulistyo, Pengantar Ilmu Perpustakaan, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama, 1991.
 Razak, Mohammadin, Pelestarian bahan pustaka dan arsip, Jakarta : Program Pelestarian Bahan Pustaka dan Arsip, 1992.
 Martoatmodjo, Karmidi : Pelestarian Bahan Pustaka, Jakarta : Universitas Terbuka, 1993.







Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "PELAYANAN DAN PERLENGKAPAN PERPUSTAKAAN"

Posting Komentar